Tips Mengemudi Mobil Saat Malam Hari Dengan Aman dan Nyaman – Setiap orang yang mempunyai mobil pribadi, pastinya akan menyetir sendiri saat bepergian ke tempat yang di tuju. Entah itu saat pagi hari, siang hari bahkan malam hari.

Apalagi jika kebutuhannya sedang mendesak. Tentu Anda tidak akan mengenal waktu apakah itu siang hari ataupun malam hari. Jika berkendara di pagi atau siang hari, mungkin Anda akan lebih merasa aman dan nyaman.

Namun jika di malam hari justru sebaliknya. Berkendara jarak jauh pada malam hari tidak hanya melelahkan, tetapi juga kadang menyebalkan.

Pada malam hari ondisi fisik seseorang relatif lebih cepat lelah. Hal tersebut juga menjadi salah satu faktor yang membuat mengemudi mobil saat malam akan terasa lebih rawan. Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang bisa membuat menyetir jarak jauh di malam hari menjadi lebih aman dan nyaman.

Bersihkan Kaca Depan Dengan Koran Bekas

Dengan membersihkan kaca depan ini bisa menjadi sebuah trik untuk mengurangi silau dari kaca mobil. Hal tersebut dapat menghilangkan residu dari kaca yang mengkilat akibat di polish saat siang hari. Selain itu, cara tersebut juga bisa menghilangkan waterspot yang menempel pada kaca mobil Anda.

Dengan kaca yang bersih dan bening tentunya penglihatan Anda jika mengemudi mobil saat malam hari tidak terlalu buruk dan tidak terhalang debu. Terlebih dahulu basahi dulu permukaan kaca mobil Anda. Pastikan Anda membersihkannya ke arah yang beraturan agar kotoran lebih mudah terangkat dan tidak akan meninggalkan bekas di sekeliling kaca. Jika sudah selesai semprot lagi menggunakan larutan pembersih dan lap sampai kering.

Nyalakan Fog Lamp atau Lampu Kabut

Lampu kabut sangat diperlukan saat terjadi kabut yang menghalangi pemandangan di jalanan. Bila Anda mengemudi mobil saat malam, Anda juga bisa menggunakan lampu kabut meskipun tidak sedang berkabut. Pancaran lampu kabut menyebar lebih luas dibanding lampu biasa pada mobil.

Sehingga saat gelap Anda bisa lebih jelas melihat keadaan jalan. Selain itu jangkauan lampu kabut ini akan lebih luas. Jadi Anda tidak hanya bisa melihat keadaan jalan dengan jarak dekat.

Bersihkan dan Nyalakan Spion Auto Dimming

Jika kaca spion pada mobil kotor, maka spion akan merefleksikan sinar lampu dari mobil di belakang Anda secara lebih lebar dan menyebar. Sehingga akan menimbulkan silau pada mata akibat pantulan dari kaca spion. Anda bisa mengaktifkan fitur ‘Auto Dim’ setting pada rear view mirror mobil untuk mengurangi silau berlebih.

Jika mobil di belakang Anda menyalakan ‘lampu dim’ atau lampu tinggi, maka secara otomatis kaca spion auto-dimming akan mereduksi sinar tersebut sehingga tidak memantul ke mata Anda. Mengemudi mobil saat malam pasti akan terganggu jika mata Anda terkena silau dari lampu mobil di belakang Anda. Hal tersebut cukup berbahaya karena bisa saja penglihatan pengemudi menjadi tertutup.

Tetap Fokus dan Konsentrasi

Berkendara kapan pun dan dimana pun pastinya harus dengan keadaan fokus. Apalagi saat malam hari. Anda memerlukan konsentrasi lebih karena jalanan di sekitar sedang gelap. Kurang fokus sedikit saja, mobil bisa saja menabrak sesuatu atau lebih parahnya bisa terjadi kecelakaan.

Biasanya hal yang membuat kurang fokus ialah mengantuk. Jika Anda mulai mengantuk namun perjalanan masih jauh, sebaiknya Anda berhenti terlebih dahulu untuk tidur sejenak agar tidak terlalu mengantuk.

Itulah beberapa tips mengemudi mobil saat malam yang cukup aman dan nyaman dari harga mitsubishi eclipse cross surabaya. Jika memungkinkan Anda bisa mencari teman yang bisa mengemudi, sehingga untuk perjalanan jauh Anda bisa bergantian mengemudi mobil. Ingat, utamakan keselamatan daripada kecepatan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *